Apa Penyebab Anak Autis?

penyebab anak autis

Pasti Anda sering mendengar kata autis? Ya sekarang ini sudah banyak orang mengetahui apa itu penyakit autis. Autis atau autisme yakni adanya suatu kelainan otak yang berpengaruh pada perkembangan seseorang. Jadi, apabila seseorang yang mengalami autisme maka akan mempunyai gangguan atau masalah dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Contoh atau cirinya yaitu jika seorang anak menderita autis maka kemungkinan akan terlihat sangat linglung, terkucil atau terasing, tidak ingin atau tidak suka melakukan kontak mata dengan orang lain, tidak berbicara atau bermain seperti yang dilakukan anak pada umumnya. Dan biasanya anak yang menderita Autis akan mengulang-ulang gerakan atau  tingkah laku tertentu secara terus menerus dan berlebihan.

Untuk penyebab autis sendiri sampai saat ini belum dapat dipastikan penyebabnya, karena masalah ini pun belum dapat dipecahkan oleh para ahli. Autisme adalah adanya gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak. Gejala awal mulai dapat terlihat ketika anak menginjak usia tiga tahun. Dan akan mulai terlihat ketika anak sedang berkomunikasi dan bermain. Walaupun belum diketahui secara jelas mengenai faktor penyebab autisme pada anak, akan tetapi para ahli menduga ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya autis. Berikut beberapa faktor pemicun autis:

1.    Faktor Makanan
Seperti kita tahu bahwa makanan tidak akan terlepas dari kehidupan mahluk hidup, begitu juga dengan manusia. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang sehat dan terhindar dari berbagai kandungan zat kimia dimana zat kimia tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi pada ibu hamil. Sebaiknya hindari mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan  yang mengandung atau terkontaminasi bahan pestisida. Hal ini dikarenakan zat kimia seperti pestisida dipercaya dapat berisiko melahirkan anak autis. Bahkan para peneliti memaparkan bahwa pestisida dapat mengganggu fungsi gen pada saraf pusat. Jadi bila Anda makan sayur atau buah-buahan perhatikan kebersihannya.

2.    Faktor Genetik
Faktor inilah yang bisa menjadi penyebab kuat terjadinya autis pada anak. Seperti contohnya apabila dari salah satu anggota keluarga memiliki riwayat autis maka peluang anak atau keturunan selanjutnya kemungkinan terkena autis akan lebih besar. Hal ini dikarenakan adanya gangguan gen yang memiliki peran penting untuk perkembangan, pertumbuhan dan membentuk sel-sel pada otak.

3.    Faktor Obat-obatan
Faktor pemicu lainnya yakni jika ibu yang sedang hamil mengonsumsi obat-obatan seperti obat untuk mengatasi rasa mual dan muntah ataupun obat penenang maka dapat berisiko untuk memiliki anak autis. Dengan konsumsi obat ini dapat menyebabkan adanya gangguan pada janin yang sedang dikandung, untuk itulah ibu hamil di larang untuk  mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

4.    Faktor Usia Orangtua
Dalam beberapa penelitian meyebutkan bahwa kehamilan yang terjadi ketika wanita berusia cukup tua maka dapat menjadi penyebab autis pada anak. Hal ini disebabkan karena faktor mutasi gen yang terjadi dalam rahim sang ibu yang sedang hamil

5.    Faktor Lingkungan
Lingkungan ternyata bisa mnejadi pemicu anak menderita Autis, contohnya ibu hamil yang tinggal di lingkungan yang kurang baik dan penuh tekanan, sehingga akan menyebabkan risiko autis pada janin yang sedang dikandungnya. Selain faktor lingkungan sekitar faktor kebersihan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan.

Bagi Anda yang sedang hamil sebisa mungkin harus menjauhi faktor pemicu seperti di atas. Tentunya agar si buah hati yang sedang di kandung selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun

Speak Your Mind

*