Atasi Rasa Gatal Pasca Operasi Caesar

Atasi Rasa Gatal Pasca Operasi Caesar

Kebanyakan ibu hamil tentunya menginginkan kelahiran anaknya dengan proses yang normal. Karena selain dapat memperkecil resiko gangguan kesehatan setelah melahirkan, melalui proses alamiah ini dinilai aman dan membuat ibu dapat cepat pulih setelah persalinan. Namun terkadang, beberapa kondisi seperti adanya suatu penyakit atau kondisi bayi yang sungsang tidak memungkinkan untuk dapat melahirkan secara normal. Dan dengan kondisi ini mau tidak mau ibu pun harus menjalani operasi caesar.

Operasi caesar dikenal secara medis dengan nama sectio Caesarea yakni melahirkan janin dengan melakukan sayatan di dinding rahim dan tentunya akan memerlukan perhatian khusus dalam penyembuhan pasca operasi. Dan salah satu yang seringkali dikeluhkan para ibu pasca operasi yakni terjadinya gatal di sekitar luka yang berada di bagian perut. Rasa gatal tersebut wajar dan normal terjadi pasca operasi caesar dan hal ini dikarenakan pada saat proses operasi dilakukan pemotongan saraf-saraf dan ketika mulai terhubung kembali maka akan menimbulkan rasa gatal yang dialami di area luka bekas operasi caesar. untuk mengatasi rasa gatal tersebut ada beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan agar tidak membuat luka baru karena menggaruknya. Dan bi bawah ini adalah cara untuk mengatasi kulit perut yang gatal pasca operasi caesar :

1. Jangan Pernah Menggosok di Area Luka

Rasa gatal di area kula bekas operasi tentunya sangat mengganggu, walaupun begitu jangan pernah menggaruk area luka tersebut, karena rasa gatal yang timbul tersebut adalah petanda sinyal kesembuhan pada luka bekas operasi caesar anda. Jika dirasa sangat gatal maka Anda mengelusnya secara perlahan di sekitar area luka saja.

2. Gunakan Sabun Mild

Untuk mengurangi rasa gatal Anda juga dapat menggunakan sabun yang mild dari sabun biasa yang anda gunakan untuk mandi, dengan menggunakan sabun yang lembut dapat memberikan kelembapan pada kulit maka akan mengurangi rasa gatal di area luka pasca operasi caesar.

3. Lakukan Aktivitas Ringan

Penyembuhan pasca operasi caesar tentunya lebih lama daripada persalinan normal. Maka untuk membantu mempercepat penyembuhan operasi caesar maka dapat di bantu dengan melakukan beberapa latihan seperti contohnya senam nifas atau latihan relaksasi khusus. Dengan aktifitas ringan ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berlebih pasca persalinan. Karena dapat memperlancar peredaran aliran darah dan membuat tubuh lebih bugar, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Waspadai Jika Rasa Gatal Tidak Hilang Lebih Dari Enam Bulan

Perlu Anda waspadai jika Anda masih merasakan rasa gatal lebih dari enam bulan. segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama dari rasa gatal pada area bekas operasi caesar. Karena dikhwatirkan ada gangguan kesehatan lain, dan dengan demikian masalah tersebut dapat langsung diberikan penanganan khusus sesuai resep dokter.

Nah, itulah tips untuk mrngatasi rasa gatal pada area luka pasca operasi caesar, semoga dapat bermanfaat dan Anda pun dapat merawat si buah hati denan baik da sepenuh hati

Speak Your Mind

*