Benarkah Sering Berjemur Menyebabkan Timbulnya Tahi Lalat?

penyebab timbulnya tahi lalat

Anda punya tahi lalat di bagian tubuh? Ada yang merasa tahi lalat sangat mengganggu penampilan, ada juga yang sebaliknya sebagian orang merasa lebih manis bila mempunyai tahi lalat. Menurut mitos tahi lalat juga dapat menggambarkan karakteristik seseorang. Walaupun demikian kita harus tahu penyebab timbulnya tahi lalat dan jenis-jenis tahi lalat.

Apa penyebab timbulnya tahi lalat?

  • Pertumbuhan dan perkembangan abnormal dari sel-sel pigmen di bawah kulit yang lebih dalam
  • Faktor genetik, ras, ataupun suku bangsa
  • Ketahanan ntubuh seseorang
  • Sering berjemur di bawah sinar matahari

Setiap orang pasti memiliki tahi lalat di tubuhnya, namun timbulnya tahi lalat bervariasi, begitu juga dengan jenisnya ada yang mati dan ada juga tahi lalat yang hidup.

  • Tahi lalat mati biasanya berwarna cokelat atau cokelat tua, datar di permukaan kulit dan berbentuk bundar atau oval. Tahi lalat yang mati tidak akan tumbuh membesar, ukurannya bervariasi ada yang kecil ada juga yang besar namun tidak melebihi kacang tanah.
  • Tahi lalat hidup warnanya hampir sama dengan tahi lalat mati namun lebih gelap kadang berwarna hitam atau biru tua, tumbuh menonjol dari permukaan kulit, dan biasanya membesar.

Apakah tahi lalat berbahaya?

Kita harus mewaspadai tahi lalat yang hidup karena biasanya tumbuh membesar dan beresiko menjadi kanker dibandingkan dengan tahi lalat yang kecil dan mati. Salah satu kanker kulit yang perlu kita waspadai yaitu kanker kulit melanoma. Kita harus tahu ciri-ciri dari kanker kulit melanoma. Berikut tanda dan gejala kanker kulit melanoma:

  • Terjadi perubahan warna pada tahi lalat, bisa menjadi lebih gelap, lebih terang atau lebih pucat
  • Terasa gatal dan nyeri
  • Bentuk nya semakin besar dan tidak beraturan
  • Kadang terjadi perdarahan

Melanoma sangat mudah menyebar, dan yang paling banyak biasanya di daerah punggung, leher, dan belakng telingan. Namun karena penyebaran melanoma sangat mudah dan cepat termasuk ke daerah tubuh yang jauh, jadi bisa tumbuh dimana saja di bagian tubuh anda. Seringnya anda berjemur di bawah terik matahari resiko tumbuhnya tahi lalat hidup sangat tinggi, dan berhati-hatilah tahi lalat yang hidup bisa menjadi kanker ganas.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai beberapa cara menghilangkan tahi lalat. Nah bagi anda yang mencurigai adanya tahi lalat hidup yang beresiko menjadi melanoma atau bahkan anda merasa tahi lalat hidup yang ada di tubuh anda sudah menjadi melanoma, baiknya yang harus dilakukan pada tahap awal yaitu eksisi biopsi. Tujuannya untuk memastikan diagnosis, maka dilakukan biopsi (pengambilan contoh jaringan untuk diperiksa dengan mikroskop) yang kemudian diteliti di laboratorium. Tentu saja prosedur ini dilakukan oleh ahlinya, untuk itu segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Speak Your Mind

*