Cara menghilangkan jerawat pada Kulit Berminyak

Cara menghilangkan jerawat pada Kulit Berminyak secara alamiCara menghilangkan jerawat secara alami dengan buah-buahan merupakan pengobatan yang paling efektif dan aman serta mudah dilakukan. Sebelum kita membahas cara menghilangkan jeawat sebaiknya kita tahu dulu apa itu jerawat. Acne atau jerawat adalah kondisi kulit yang tidak normal disebabkan gangguan dari kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan. Pengeluaran kelenjar minyak yang berlebihan ini atau sebaceous gland akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada pori-pori kulit.

Pada umumnya jerawat menyerang daeah wajah, namun banyak juga jerawat yang ditemukan pada leher, punggung, ketiak, dada, dan bagian pinggang. Meskipun jerawat tidak berbahaya, namun sangat mengganggu penampilan yang sering kali membuat seseorang tidak percaya diri. Disini kita akan membahas sedikit cara menghilangkan jerawat.

Apa sih penyebab jerawat?

  • Stes
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormone, yang merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat  dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang hiperaktif
  • Bakteri di pori-pori kulit, hal ini dapat diperparah bila kadar minyak yang berlebihan dikulit berkolaborasi dengan bakteri dan berkembangbiak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menimbulkan iritasi.
  • Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne
  • Sel kulit mati yang bercampur dengan kelenjar minyak yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori.
  • Pemakaian kosmetik yang berlebihan.
  • Hygiene atau kebersihan yang kurang baik.

Cara menghilangkan jerawat pada kulit berminyak

  • Minum air putih secara teratur dapat membantu membuang racun dalam tubuh, yang membuat metabolisme melalui kulit /keringat lebih baik.
  • Menjaga kebersihan kulit wajah untuk menghindari bakteri penyebab jerawat yang menempel pada wajah.
  • Kurangi makanan berlemak dan yang mengandung alcohol
  • Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan karenan zat yang terkandung didalamnya akan memicu kelenjar sebaceous yang berfungsi untuk menghasilkan minyak
  • Hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan
  • Jangan menyentuh jerawat atau memijit jeawat karena dapat menimbulkan infeksi dan bekas jeawat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Kulit jeruk dan jeruk nipis

Cara menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk dan jeruk nipis cukupmembantu, caranya tumbuk kulit jeruk dengan halus campurkan dengan sedikit air, lalu oleskan pada bagian yang terkena jerawat. Atau bisa juga perasan air jeruk nipis yang dicampur satu gelas air putih dan minum setiap pagi.

Jeruk nipis dapat juga digunakan sebagai antiseptic alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Mentimun

Dalam mentimun mengandung zat yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Caranya iris mentimun lalu tempelkan pada bagian yang teriritasi, hal ini dapat menimbulkan efek sejuk.

Asam jawa

Asam jawa sering digunakan untuk obat alergi dan juga eksem dan bisul, karena kandungannya berfungsi sebagai anti inflamasi dan antiseptic. Caranya ambil 10 jari asam jawa buang bijinya lalu campurkan dengan ½ sendok gaam. Gosokan pada area muka yang tekena jerawat diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Madu

Madu terbukti alami menyembuhkan berbagai penyakit termasuk jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan madu sangat mudah yaitu dengan mengoleskan madu ke daerah yang terkena jerawat.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi peradangan dan mencegah peradangan timbul kembali. Selain itu dapat membantu kulit menjadi lebih kenyal dan elastic. Caranya kupas kulitnya lalu oleskan ke wajah jadikan sebagai masker.

Bawang putih

Kandungan dalam bawang putih yaitu sebagai antiseptic. Caranya tumbuk dan jadikan sebagai masker.

Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C yang baik sebagai antioksidan, juga mengandung asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah. Caranya gosokan buah tomat yang sudah dipotong-potong, diamkan10menit dan cuci dengan air hangat.

Speak Your Mind

*