Cara Mengobati Kutil dengan Alami dan Modern

cara mengobati kutil dengan alami dan modernPada artikel sebelumnya kita sudah membahas sedikit mengenai kutil atau veruka. Sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengobati kutil? Sebenarnya ada beberapa jenis kutil yang menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun ada juga kutil yang sifatnya menetap. Baik kutil yang menetap ataupun hilang timbul tentu saja sangat mengganggu penampilan kita.

Pengobatan kutil secara modern

Pengobatan kutil menggunakan asam salisilat dan asam laktat

Pada veruka vulgaris atau kutil yang sering timbul pada area tangan, kuku, lutut, wajah dan kepala akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 2 tahun. Untuk mempercepat hilangnya kutil dapat dioleskan larutan atau menggunakan plester yang mengandung asam salisilat dan asam laktat. Asam salisilat (salicylic acid) meresap lebih dalam dan akan bekerja lebih baik saat salicylic acid digunakan pada kulit yang lembab atau basah, maka disarankan menggunakan salicylic acid setelah mandi.

Pengobatan kutil menggunakan cairan nitrogen

Dokter mungkin akan menggunakan cairan nitrogen untuk membekukan kutil. Pengobatan ini disebut cryotherapy. Pnggunaan cairan nitrogen pada kutil menyebabkan timbul sedikit ketidaknyamanan. Untuk menghilangkan kutil secara penuh, penggunaan cairan nitrogen untuk pengobatan mungkin dilakukan setiap hari 2-4 kali selama 1 sampai 3 minggu. Jika tidak ada perbaikan, dokter mungkin akan merekomendasikan jenis pengobatan yang lain.

Pengobatan kutil dengan elektrodesikasi

Pengobatan kutil dengan arus listrik atau bedah sinar laser bisa menghancurkan kutil, tetapi bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut. Pengobatan jenis ini lebih kuat biasanya dianjurkan untuk kutil yang tidak bisa rapi atau bersih dengan pengobatan lainnya.

Pengobatan kutil secara tradisional/alami

  • cara mengobati kutil dengan alami dan modernKalau dulu sebelum banyak mengenal bahan kimia ada juga yang melakukan pengobatan kutil secara tradisional dengan tumbuhan. Salah satunya dengan daun dewa. Kandungan dalam daun dewa Flavonoid, saponin, minyak atsiri. Caranya haluskan 5 lembar daun dewa, dan lumurkan pada kulit yang berkutil, kemudian dibalut.
  • Tanaman herbal jarak sangat ampuh mengatasi penyakit kulit seperti kutil. Adapun langkah dan cara pengobatan kutil yang menempel di kulit sebagai berikut. Oleskan getah daun jarak ke daerah kulit yang terserang kutil, dan cara pengolesan ini dilakuakan secara teratur setiap harinya.

Namun harus kita ketahui untuk pengobatan kutil tergantung pada jenis, berat atau ringannya, lokasi dan lamanya kutil tumbuh. Maka dari itu sebaiknya penderita harus segera memeriksakan diri ke Dokter spesialis untuk melakukan pengobatan sesuai dengan kondisi penderita. Apalagi bila menderita kutil pada area genital. Jangan coba-coba untuk mengobatinya sendiri tanpa anjuran dokter spesialis.

Speak Your Mind

*