Diabetes dan Hipertensi Penyebab Penyakit Ginjal

Diabetes dan Hipertensi Penyebab Penyakit GinjalPenyebab penyakit ginjal apa saja sih? Bagaimana cara melindung ginjal kita? Banyak sekali pertanyaan yang sering kali kita pertanyakan. Disini kita akan memberikan sedikit info mengenai beberapa hal mengenai ginjal kita.

Sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sisa metabolisme pada tubuh manusia. Selain itu secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500ml perhari. Bila ginjal tidak berfungsi maka dalam dunia medis disebut gagal ginjal. Apa akibatnya? Sisa metabolism yang tidak dapat dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri.

Benarkah Diabetes penyebab penyakit ginjal?

Penyebab penyakit ginjal atau kerusakan ginjal adalah diabetes mellitus dan hipertensi. Mengapa diabetes mellitus penyebab utama penyakit ginjal? Karena kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu yang lama dan tidak terkontrol akan merusak ginjal dan menurunkan kemampuannya untuk menyaring darah dan membuang sisa metabolisme ke urin. Sedangkan pada hipertensi atau tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ yang dilewati pembuluh darah termasuk ginjal.

Selain kedua penyebab tersebut ternyata masih ada beberapa factor penyebab penyakit ginjal lainnya yaitu:

  • Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  • Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  • Menderita penyakit kanker (cancer)
  • Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  • Adanya kerusakan sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Tahapan kerusakan ginjal

Tahapan awal penyakit ginjal kronis ditandai dengan lolosnya sejumlah kecil albumin/protein ke dalam urin atau disebut dengan microalbuminuria. Albumin merupakan molekul dengan ukuran cukup besar sehingga pada ginjal dengan kondisi sehat tidak akan dapat melewati saringan glomeruli. Namun karena adanya kerusakan saringan glomeruli, sebagian albumin tersebut dapat lolos dan keluar bersama urin. Pada tahap ini fungsi penyaringan ginjal masih berjalan normal, dan jika segera ditangani fungsi ginjal masih dapat diperbaiki.

Saat kerusakan ginjal terus berlanjut protein yang lolos melewati saringan glomeruli akan semakin banyak, hingga lebih dari 300 mg per hari (macroalbuminuria atau proteinuria). Fungsi ginjal pada tahap ini mulai memburuk dan tubuh mulai mengalami komplikasi akibat tertimbunnya sisa metabolism yang tidak bisa dibuang.

Sedangkan pada penyakit ginjal akut disebabkan pada peristiwa yang akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, dehidrasi akibat diare, infeksi berat, keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak segera ditangani maka akan terjadi penyakit ginjal kronik.

Cara mencegah penyakit ginjal

  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mengontrol tekanan darah
  • Menjaga berat badan ideal
  • Minum air putih sesuai kebutuhan
  • Berhenti merokok dan minuman beralkohol
  • Olahraga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Mengurangi konsumsi garam

Speak Your Mind

*