Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama

Kehamilan merupakan suatu anugerah bagi setiap pasangan suami istri, untuk itu sebagai kaum ibu harus menjaga kesehatannya juga calon bayinya agar sehat selalu. Banyak cara yang harus dilakukan supaya kesehatan ibu dan janin dalam kandungan tetap sehat, dengan cara melaksanakan pola hidup yang sehat. Bila sebelum hamil si ibu memiliki kebiasaan buruk seperti sering mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat, maka saat hamil wajib hukumnya meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat diharapkan janin dalam kandungan tumbuh dengan baik karena nutrisinya terpenuhi. Banyak kasus pada trimester pertama seperti morning sickness dimana ibu hamil mengalami mual muntah dipagi hari. Bila hal ini dibiarkan, dan si ibu mengalami mual muntah yang tambah parah atau mengalami hiperemesis maka asupan nutrisi ibu hamil kurang, begitu juga pada janinnya sehingga beresiko tinggi terjadi gangguan dalam pembentukan dan perkembangan janin.

Makanan apa saja sih yang baik untuk ibu hamil?

Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil pada trimester pertama:

  • Telur. Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dianjurkan untuk ibu hamil, salah satunya yaitu telur. Selain protein, telur juga kaya akan kolin, yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otak bayi. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, penting bagi otak dan pengembangan penglihatan bayi.
  • Ikan salmon. Ikan merupakan sumber protein yang tinggi dan bebas dari kolesterol. Mengonsumsi ikan salmon dapat meningkatkan kadar asam lemak omega-3 dan meningkatkan pertahanan antioksidan pada wanita hamil dan bayi. Ikan salmon sangat cocok dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama.
  • Buah alpukat. Buah alpukat rata-rata mengandung asam folat, Asam folat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel. Itulah sebabnya kita sering mendengar saran bahwa ibu hamil harus mengkonsumsi asam folat yang cukup, untuk mencegah bayi yang dilahirkan mengalami kecacatan pada sistem sarafnya.
  • Sayuran terutama bayam dan brokoli. Sayuran daun berwarna hijau kaya akan vitamin dan nutrisi termasuk vitamin A, C, K serta folat yang sangat penting untukĀ  bayi dan tubuh ibunya. Zat besi pada bayam dapat memproduksi lebih banyak darah pada ibu hamil sehingga volume darah yang mengalir ke rahim dapat ditingkatkan.
  • Labu siam. Kandungan asam folat dalam labu siam juga cukup baik. Mengonsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi 23,% kebutuhan tubuh akan asam folat.
  • Buncis. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak. Makanan yang mengandung serat cenderung kaya akan gizi. Hal ini dibenarkan karena biji juga merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.
  • Susu formula. Susu memiliki kandungan protein dimana protein tersebut dapat di gunakan sebagai pembentuk jaringan tubuh pada janin seperti otot otot, menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil maupun janin, menjaga kesehatan kulit maupun untuk kepentingan lainnya. Kandungan protein yang terdapat di dalam susu juga tidak hanya sebagai pembentuk jaringan tubuh, melainkan dapat di gunakan sebagai pembentukan darah dan juga cairan air ketuban, dapat juga menjadi antibody untuk ibu hamil dan juga sang janin.
  • Kacang almond. Kacang Almond kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Hal ini dengan mudah dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama.
  • Buah-buahan golongan berry seperti strowberi, blueberi, raspberry, sangat baik dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama. Selain untuk mengurangi rasa mual, buah golongan berry ini kaya akan vitamin C, folat, postasium, serat dan juga antioksidan.

Perlu diperhatikan bahwa bila ibu hamil mengonsumsi makanan yang itu-itu saja walaupun memiliki kandungan vitamin yang cukup, namun lebih baik jika mengonsumsi makanan yang beraneka ragam. Karena setiap makanan yang sehat akan menyumbang vitamin yang berbeda. Bagi anda yang belum hamil, dan ingin cepat hamil ada baiknya anda membaca mengenai tips hamil lainnya.

Speak Your Mind

*