Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Penyakit Diabetes

makanan yang perlu dihindari bagi penderita penyakit diabetesPenyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena kadar glukosa darah yang berlebihan atau hiperglikemia. Makanan-makanan tertentu jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Oleh karena itu penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih dan mengonsumsi makanan.

Makanan pantangan diabetes tentunya makanan atau minuman yang mengandung aktor utama penyebab penyakit kencing manis yaitu gula. Berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes:

  • Sumber karbohidrat tinggi dari beras putih beserta olahannya seperti nasi, bubur dan lontong. Anda bisa ganti dengan beras merah.
  • Gula murni seperti terdapat pada gula pasir, permen, cokelat, susu kental manis, minuman botol atau kemasan, dodol, es krim.
  • Kentang bisa dijadikan pengganti nasi namun jangan terlalu banyak karena dalam kentang juga mengandung indeks glikemik tinggi sehingga kadar glukosa mudah naik.
  • Biscuit, roti manis
  • Makanan yang digoreng berlemak
  • Pudding, sari buah, dan buah-buahan yang dikalengkan atau dijadikan manisan
  • Kafein dan alkohol. Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin.

Mengapa sumber karbohidrat tinggi perlu dihindari bagi penderita penyakit diabetes?

Bahan pangan kaya karbohidrat dapat membuat kerja organ pancreas menjadi lebih berat. Dalam proses pencernaan makanan, karbohidrat akan segera diubah menjadi glukosa yang berakibat pada peningkatan kadar gula darah.

Sebenarnya, orang yang mengidap penyakit diabetes mellitus masih boleh mengkonsumsi berbagai makanan enak. Anggapan bahwa pengidap diabetes makanannya selalu tidak enak adalah salah. Bukan berarti banyak jenis makanan enak yang dilarang merenggut kebahagiaan penderita diabetes mellitus. Hanya saja, diharapkan penderita diabetes mellitus mau berdisiplin dalam mengkonsumsi berbagai makanan terutama yang berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah mereka.

Speak Your Mind

*