Cara Mengobati Dan Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Banyak orang, tidak hanya wanita, mencari cara yang efektif untuk mengobati dan mengatasi kantung mata bengkak. Umumnya hal tersebut lebih dikarenakan kita merasa tidak nyaman atau sedikit tergantu dengan komentar orang terkait kantung mata yang kita miliki. Seringkali mereka bertanya apakah kita kurang istirahat lah, sering begadang lah, kurang olah raga lah, atau bahkan mungkin sebagian juga berasumsi habis menangis sepanjang waktu.

Tentunya kita merasa gemes dengan hal ini bukan? Namun tenang, banyak orang mengalami masalah serupa. Namun sebelum kita membahas cara mengatasi kantung mata yang bengkak baik sebelah maupun keduanya, alangkah baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa sih penyebab kantung mata bengkak ini?

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Tips mengatasi kantung mata bengkakPada prinsipnya kantung mata terbentuk atau terlihat seperti bengkak disebabkan oleh adanya cairan yang terbendung pada kulit bagian bawah kelopak mata. Hal ini bisa di alami oleh siapa saja terutama bagi mereka yang mengalami alergi musiman, cold, insfeksi sinus, dan sebagainya. Sebagaimana kita ketahui bahwa kulit disekitar mata sangat tipis. Sehingga sangat mudah sekali membengkak atau mengempis apabila terjadi perubahan kandungan cairan pada struktur kulit tersebut.

Namun jangan salah, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam pun dapat memicu timbulnya kantung mata atau mata bengkak akibat akumulasi cairan. Itulah sebabnya pula mengapa apabila kita menangis akan menyebabkan kantung mata bengkak. Air mata merupakan cairan tubuh biasa dengan kandungan garam yang mirip dengan plasma darah. Biasanya, dalam waktu 24 jam, disekresi 0,75 sampai 1,1 gram (0,03–0,04 ons avoirdupois) air mata. Air mata yang banyak mengandung garam tersebut kemudian menyerap air dan terakumulasi pada bagin kulit di sekitar mata. Sehingga, bisa menimbulkan kantung mata bengkak. Sebetulnya ada faktor lainnya yang menyebabkan kantung mata bengkak seperti sering mengucek mata, minum minuman beralkohol, dan tidur tanpa membersihkan make up. Adanya gangguan pada ginjal pun bisa menyebabkan bendungan cairan dalam tubuh termasuk pada mata.

Dengan mengetahui penyebab yang memicu kantung mata bengkak tersebut diharapkan akan dengan tepat menentukan cara mengobati dan mengatasi kantung mata bengkak. Sebagai contoh, apabila kita mengalami mata bengkak karena pilek atau alergi, maka sebuhkan lah pilek atau hindari penyebab alerginya. Begitupun juga ketika mata bengkak karena posisi tidur, yang mana ada kecenderungan bahwa ketika tidur menyamping maka kantung mata bengkak akan terbentuk pada mata bagian bawah. Solusinya adalah tidurlah dengan menggunakan bantal yang ditinggikan atau dengan posisi terlentang (bukan telen tang yah he…he…). Mengubah posisi tidur sesering mungkin juga merupakan tips jitu bagi orang dengan kecenderungan membentuk kantung mata bengkak ketika bangun tidur.

Tips Mengatasi Kantung Mata Bengkak:

  • Menggunakan cream yang mengandung vitamin E pada kulit di sekitar mata
  • Kalu untuk sekedar menyamarkan kantung mata yang anda miliki, bisa menggunakan concealer make-up
  • Tidurlah dengan teratur dan posisi yang tepat
  • Menggunakan masker alami seperti dari kentang atau irisan timun setiap malam sebelum tidur juga dapat dilakukan
  • Perbanyak makan sayur-sayuran dan minum air putih, terutama makanan yang tinggi kandungan Vitamin A dan E nya.
  • Jangan lupakan olah raga secara teratur
  • Kurangilah mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar garam tinggi

Sebetulnya ada cara instant untuk mengatasi kantung mata bengkak ini yaitu melalui prosedur operasi bedah kulit untuk mengoreksi kulit di sekitar mata. Namun cara ini relative mahal. Oleh karena itu tips-tips sederhana di atas diharapkan bisa mengobati atau mengatasi kantung mata bengkak. Semoga bermanfaat!

Speak Your Mind

*