Penyakit ITP dan Gejala serta Pengobatannya

penyakit ITP, gejala dan pngobatannyaPenyakit ITP adalah singkatan dari Idiopathic Thrombocytopenic Purpura. Idiopathic berarti tidak diketahui penyebabnya.Thrombocytopenic berarti darah yang tidak cukup memiliki sel darah merah (trombosit). Purpura berarti seseorang memiliki luka memar yang banyak (berlebihan). Anda mungkin juga mendengar istilah ITP ini sebagai singkatan dari Immune Thrombocytopenic Purpura.

Trombosit dalam darah turun bukan berarti terkena demam berdarah, karena pada penyakit ITP menunjukan jumlah trombosit dalam darah yang rendah sekali. Secara normal trombosit dalam darah berkisar antara 150.000-450.000/dl. Pada anak yang memiliki ITP kadar trombositnya bisa di bawah 50.000/dl, sehingga dapat menimbulkan perdarahan. Penyakit ITP di bagi dalam dua klasifikasi;

  • Akut yaitu jika sembuh dalam jangka 6 bulan
  • Kronik jika penyakit berterusan selama 6 bulan atau lebih.

Penyebab penyakit ITP ini tidak diketahui. Seseorang yang menderita penyakit ITP, dalam tubuhnya membentuk antibodi yang mampu menghancurkan sel-sel darah merahnya. Dalam kondisi normal, antibodi adalah respons tubuh yang sehat terhadap bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi untuk penderita penyakit ITP, antibodinya bahkan menyerang sel-sel darah merah tubuhnya sendiri.

Tanda – tanda penyakit ITP

Biasanya penghidap penyakit ITP akan mengalami beberapa tanda yang menunjukkan bahwa mereka menghidap penyakit ITP. Tanda penyakit ITP dapat timbul secara tiba-tiba (akut) atau muncul secara perlahan (kronik). Berikut tanda –tandanya:

  • Pendarahan pada hidung
  • Pendarahan pada gigi
  • Mengalami lebam di anggota badan

Gejala penyakit ITP

  • Bintik-bintik merah di kulit sebesar hujung jarum
  • Mmemar tanpa penyebab yang pasti
  • Perdarahan gusi dan hidung

Ada 2 tipe ITP.

  • Tipe pertama umumnya menyerang kalangan anak-anak, sedangkan tipe lainnya menyerang orang dewasa. Anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun yang umumnya menderita penyakit ini.
  • Penyakit ITP untuk orang dewasa, sebagian besar dialami oleh wanita muda, tapi dapat pula terjadi pada siapa saja. ITP bukanlah penyakit keturunan.

Pengobatan pada penyakit ITP

Pengobatan penyakit ITP umumnya tidak memerlukan pengobatan yang serius tetapi bila terjadi perdarahan dan jumlah trombosit menurun hingga dibawah 20.000/ul maka dianjurkan untuk transfusi trombosit. Pengobatan lain yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid dan dihentikan obat ini bila sudah meningkat jumlah trombositnya.
Perhatian yang harus diingat pada penderita penyakit ITP adalah hindari obatan yang dapat meningkatkan perdarahan seperti aspirin, hindari benturan yang membuat luka.

Comments

  1. rudi tri martono says:

    terima kasih banget informasinya,
    sangat membantu buat kel kami, karena anak kami yg br berumur 8 bln sdg sakit.
    semoga lekas sembuh. amiin.

  2. widi says:

    just info

  3. yudi says:

    Ketika saya melihat wajah ayah saya yg sedang kecapean setelah menyetir mobil wajah nya terlihat pucat, dan ketika saya mau memijat kan untuk dia,terdapat lebam lebam yg bukan karna benturan, selain itu ketika saya tanya ternyata ayah saya memiliki tekanan darah yang rendah, apa itu termasuk penyakit ITP atau gejala leukimia?

  4. Dyah says:

    tiga hari yang lalu keponakan saya meninggal karena ITP,, karena penanganan yang salah.
    periksa di 3 rumah sakit,, rumah sakit pertama mendiagnosa demam berdarah. Rumah sakit kedua mendiagnosa Leukimia. Pindah rumah sakit ketiga ternyata ITP,, tapi sudah terlanjur parah karena pengobatan yang salah di 2 Rumaha sakit pertama dan kedua. Sekujur tubuhnya bengkak, Lebam biru dan banyak bintik merah.

  5. ridha says:

    Anak saya terkena itp sejak umur 1,5thn, skarang usia anak saya 9thn, sejak umur 5thn diberhentikan pemakaian obat prenikson dan dianjurkan oleh dokter untuk kemotrapi, tapi saya tidak mengijinkan karena saya masih berharap ada obat lain selain harus dikemotrapi, sejak diberhentikan pemakaian prenikson sampai skarang menggunakan herbal dari klorofil, propolis, sarikurma dan banyak lagi, tapi sampai usia 9thn ini blm sembuh, tlg kl ada info obat/obat herbal apa yg bisa meningkatkan trombositnya, trims

    • purwanto says:

      kasih produk herbalife bu…

    • imelia says:

      Hai.. pernah dengar transfer factor gak?
      Teman saya anaknya umur 10th sudah 5 bulan konsumsi Transfer Factor dan sudah gak pernah pendarahan dan trombosit berada dalam kondisi normal.

    • Rosa says:

      Fu Fang Ejiao jiang,merupakan obat penambah darah dan energi,meningkatan daya tahan tubuh,meningkatkan jumlah trombosit,sulit tidur,nafsu makan kurang,kurang sel darah putih.

      Khasiat dan kegunaan:
      -Menambah darah dan energi pada anemia (kurang darah) dengan gejala pusing,berunang-kunang,lemah tidak bertenaga,sulit tidur,nafsu makan kurang.
      - Sebagai supplemen untuk menjaga kondisi badan dan meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit yang ditimbulkan dari berbagai cuaca, kuman & virus.
      -Membantu mengatasi gangguan siklus haid.
      -Meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah.
      - Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan jumlah sel darah putih pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi dan radiasi.

      Cara Pakai dan Dosis :
      - Untuk Pengobatan diminum sehari 3 x 20 ml.
      - Untuk menjaga kondisi badan diminum sehari 1-2 x 20 ml.
      *satu seri pengobatan adalah 30 hari
      Kocok dahulu sebelum diminum.
      Simpanlah selalu dilemari pendingin setelah dibuka.

      Kemasan
      Dus berisi 12 botol @20 ml.
      Botol berisi 250 ml.
      fufangejiaojiang.blogspot.com

  6. Mauliya Nasika says:

    Saya pernah mengalami penyakit itp waktu saya berusia 12 tahun.saya dirawat di rumah sakit umum daerah di sungailiat bangka..saat itu saya benar-benar merasa sangat menderita..di rumah sakit ini saya belum diketahui apa penyakitnya..lalu saya disarankan dirawat di rumah sakit cipto mangunkusumo..saya disana hanya sekadar rawat jalan..1 bulan setengah saya disana..belum diketahui apa penyakit yang saya derita..jadi dokter yang menangani saya langsung membuat surat keterangan untuk diambil sumsum tulangnya..setelah diambil,ternyata saya tidak mengidap penyakit leukimia…setelah lama saya terus diperiksa,tak lama kemudian saya telah ditemukan apa penyakitnya yaitu penyakit itp..itulah pengalaman saya mengidap penyakit itp

  7. zainardi ihsan says:

    sekedar share, semoga bermanfaat. sudah 3 tahun istri saya menderita itp. selama itu juga dia minum obat metilpregnison, azatriopin, hingga kini. namun selama minum obat tersebut trombostnya tidak pernah stabil. kadang diatas 130rb kadang dibaeah 100rb an. namun setelah rutin makan “buah kurma” trombositnya malah meningkat, dan sekatang stabil dikusaran 238 rb. nah bagi anda yg menderita itp, tidak ada salahnya anda coba perbanyak makan kurma. bisa didapat di toko herbal (biar kualitan kebih bagus). semoga berguna, dan semoga menuju kesembuhan dari belenggu itp.

  8. dini says:

    terima kasih infonya. karena sekarang anak saya sedang mengalami penyakit ITP tersebut. awalnya tubuhnya timbul bintik2 merah kecil dan lama kelamaan menjadi lebab atau memar. bahkan sampai di lidahnya pun timbul hitam2 sprt memar. stlh diperiksa dokter lgsg ketahuan penyakitnya. Dan skrg msh dlm tahap transfusi trombosit. sebab terakhir jmlh trombositnya hny 13.000. trims

  9. sugih says:

    anak perempuan saya terkena itp sejak umur 3 tahun sampai sekarang umurnya 10 tahun dan belum sembuh, mohon para pembaca yg punya pengalaman sembuh dari penyakit ini bisa share ke saya cara pengobatannya, terimakasih.

  10. dessi says:

    Dl ank saya itp wkt usia 5bln diberikan methilprednisolon dan rajin minum sari kurma dlm 8hr alhamduillah sembuh….

  11. untuk cara pengobatan penyakit itp kami sebagai distributor obat herbal menyediakan obat herbal yang sangat tetap untuk mengatasi itp. klik disini

  12. Retno says:

    Untuk sdri Ridha bisa menghubungi saya di 081340664181, Pin 513A5E6A.
    Mungkin bisa membantu penyembuhan putranya. Produk ini dibuat berdasarkan riset dan tehnologi yg aman dikonsumsi semua usia. Produk ini bukan obat tetapi suplemen untuk mencerdaskan sistem imun shg membuat tubuh mampu mengenali mana yg musuh dan mana yg bukan, meningkatkan sistem imun dan menstabilkan imun tubuh. Produk ini bernama Transfer Factor.
    Semoga informasi ini berguna untuk semua pembaca di mana saja berada yang sedang mencari solusi kesehatan yang aman untuk seluruh keluarga.

  13. FAROK says:

    apa bahaya untuk usia anak saya usia 8 bln, apa dampaknya kalau drop bisa menyebabkan stroke

  14. farok says:

    Anak saya terkena penyakit ITP umur 7 bln, ada yang bilang kalau sampai drop trombositnya bisa menyebabkan stroke

  15. Agus says:

    Anak saya menderita ITP, . tidak ada pendarahan dan kemrah merahan dikulit berkurang namun hasil lab trombositnya 9000/ul saat ini oleh dokter diberi suntikan kortikosteroid. mohon petunjuknya sebab trobositnya turun dari 13.000/ul ke 9.000/ul

  16. nida says:

    Buah hati saya yang ke 2 ketika usia 1 thn 5 bln didiagnosa Thrombocytopenic, Anemia & Ligament Laxcity pd salah salah 1 rmh sakit. Namun penanganannya kurang memuaskan krn di hari ke 11 obname, bertepatan dengan badannya panas&mencret, malah anak sy dipulangkan. Selain itu segala informasi tentang bgmn penanganan, pantangan, pengobatan dan penjelasannya kurang detil. Ketika usia 1 thn 7 bln saya bawa ke rmh sakit lainnya & di obname krn trombositnya hny 8.000/dl. Disana di diagnosa ITP AKUT & Hiper Laxcity . Alhamdulillah pelayanan, penanganan, pantangan, pengobatan dan penjelasan sangat sangat jelas. Skr usia anak sy 1 thn 9 bln, dan masih dalam proses rawat jln. Mohon doanya untuk anak saya Mahir agar cpt sembuh, Amiiiin…

  17. ida sudsrmi says:

    Suami saya didiagnosa dokter kena virus itp.dirawat di rmh sakit 14 hari.di trasfusi darah putih 42 kantong.darah merah 12 kantong.dan akhirnya meninggal .ciri cirinya berbeda.apa diagnosa dokter salah?

  18. heris says:

    Trima kasih infonya.apakah yg sudah mengalami bisa terjangkit lsgi?

  19. Andi BC says:

    Tanggal 20 juni 2015, saya masuk RS dengan angka trombosit 4,000 . Saya juga telah mendapat transfusi trombosit 4 kantong , trombosit sempat naik sekita 20.000 an namun turun lagi menjadi 8.000 . Hari berikutnya mendapat tranfusi Trombosit 1 kantong yang “Apresis” (mudah mudahan gak salah sebut ) , kenaikan trombosit terjadi , namun lambat. Akhirnya saya kombinasikan juga dengan memakan buah Kurma dan minum Sari buah Kurma, terakhir saya Cek trombosit sudah berada pada angka 295.000. Mungkin rekan rekan sekalian bisa coba.

    • Andi BC says:

      Namun yang menjadi pertanyaan saya sekarang, apakah penyakit ini bisa datang lagi? (Apakah ada yang bisa berikan informasi? , Umur saya saat ini adalah 37 Tahun ).
      Sebagai informasi pelengkap trombosit 295.000 berdasar hasil pengambilan darah pada bulan Juli 2015.

Speak Your Mind

*