Penyakit ITP dan Gejala serta Pengobatannya

penyakit ITP, gejala dan pngobatannyaPenyakit ITP adalah singkatan dari Idiopathic Thrombocytopenic Purpura. Idiopathic berarti tidak diketahui penyebabnya.Thrombocytopenic berarti darah yang tidak cukup memiliki sel darah merah (trombosit). Purpura berarti seseorang memiliki luka memar yang banyak (berlebihan). Anda mungkin juga mendengar istilah ITP ini sebagai singkatan dari Immune Thrombocytopenic Purpura.

Trombosit dalam darah turun bukan berarti terkena demam berdarah, karena pada penyakit ITP menunjukan jumlah trombosit dalam darah yang rendah sekali. Secara normal trombosit dalam darah berkisar antara 150.000-450.000/dl. Pada anak yang memiliki ITP kadar trombositnya bisa di bawah 50.000/dl, sehingga dapat menimbulkan perdarahan. Penyakit ITP di bagi dalam dua klasifikasi;

  • Akut yaitu jika sembuh dalam jangka 6 bulan
  • Kronik jika penyakit berterusan selama 6 bulan atau lebih.

Penyebab penyakit ITP ini tidak diketahui. Seseorang yang menderita penyakit ITP, dalam tubuhnya membentuk antibodi yang mampu menghancurkan sel-sel darah merahnya. Dalam kondisi normal, antibodi adalah respons tubuh yang sehat terhadap bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi untuk penderita penyakit ITP, antibodinya bahkan menyerang sel-sel darah merah tubuhnya sendiri.

Tanda – tanda penyakit ITP

Biasanya penghidap penyakit ITP akan mengalami beberapa tanda yang menunjukkan bahwa mereka menghidap penyakit ITP. Tanda penyakit ITP dapat timbul secara tiba-tiba (akut) atau muncul secara perlahan (kronik). Berikut tanda –tandanya:

  • Pendarahan pada hidung
  • Pendarahan pada gigi
  • Mengalami lebam di anggota badan

Gejala penyakit ITP

  • Bintik-bintik merah di kulit sebesar hujung jarum
  • Mmemar tanpa penyebab yang pasti
  • Perdarahan gusi dan hidung

Ada 2 tipe ITP.

  • Tipe pertama umumnya menyerang kalangan anak-anak, sedangkan tipe lainnya menyerang orang dewasa. Anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun yang umumnya menderita penyakit ini.
  • Penyakit ITP untuk orang dewasa, sebagian besar dialami oleh wanita muda, tapi dapat pula terjadi pada siapa saja. ITP bukanlah penyakit keturunan.

Pengobatan pada penyakit ITP

Pengobatan penyakit ITP umumnya tidak memerlukan pengobatan yang serius tetapi bila terjadi perdarahan dan jumlah trombosit menurun hingga dibawah 20.000/ul maka dianjurkan untuk transfusi trombosit. Pengobatan lain yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid dan dihentikan obat ini bila sudah meningkat jumlah trombositnya.
Perhatian yang harus diingat pada penderita penyakit ITP adalah hindari obatan yang dapat meningkatkan perdarahan seperti aspirin, hindari benturan yang membuat luka.

Comments

  1. rudi tri martono says:

    terima kasih banget informasinya,
    sangat membantu buat kel kami, karena anak kami yg br berumur 8 bln sdg sakit.
    semoga lekas sembuh. amiin.

  2. widi says:

    just info

  3. yudi says:

    Ketika saya melihat wajah ayah saya yg sedang kecapean setelah menyetir mobil wajah nya terlihat pucat, dan ketika saya mau memijat kan untuk dia,terdapat lebam lebam yg bukan karna benturan, selain itu ketika saya tanya ternyata ayah saya memiliki tekanan darah yang rendah, apa itu termasuk penyakit ITP atau gejala leukimia?

  4. Dyah says:

    tiga hari yang lalu keponakan saya meninggal karena ITP,, karena penanganan yang salah.
    periksa di 3 rumah sakit,, rumah sakit pertama mendiagnosa demam berdarah. Rumah sakit kedua mendiagnosa Leukimia. Pindah rumah sakit ketiga ternyata ITP,, tapi sudah terlanjur parah karena pengobatan yang salah di 2 Rumaha sakit pertama dan kedua. Sekujur tubuhnya bengkak, Lebam biru dan banyak bintik merah.

  5. ridha says:

    Anak saya terkena itp sejak umur 1,5thn, skarang usia anak saya 9thn, sejak umur 5thn diberhentikan pemakaian obat prenikson dan dianjurkan oleh dokter untuk kemotrapi, tapi saya tidak mengijinkan karena saya masih berharap ada obat lain selain harus dikemotrapi, sejak diberhentikan pemakaian prenikson sampai skarang menggunakan herbal dari klorofil, propolis, sarikurma dan banyak lagi, tapi sampai usia 9thn ini blm sembuh, tlg kl ada info obat/obat herbal apa yg bisa meningkatkan trombositnya, trims

Speak Your Mind

*