Penyebab Air Ketuban Berwarna Hijau

Mengapa air ketuban berwarna hijau?

penyebab air ketuban hijau

Bagi ibu yang baru melahirkan hal utanma yang ditanyakan kepada bidan atau dokter adalah keadaan bayi yang baru lahir, normal atau ada kelainan, sehat atau tidak. Hal ini sangatlah wajar karena setiap pasangan menginginkan anaknya lahir dengan selamat, sehat, tidak ada kelainan atau cacat. Padahal ada hal penting lainnya yang mungkin sering dilupakan yaitu keadaan ketubannya, apakah jernih, keruh, hijau, atau bahkan berbau? Sebelum dokter atau bidannya yang memberitahu si ibu atau sang suami jarang menanyakan hal ini. Mengapa demikian? Kurang pengetahuankah??

Cairan ketuban yang normal pada umumnya bening tidak berwarna. Lalu bagaimana dengan air ketuban berwarna hijau, pertanda apakah itu? Air ketuban yang berwarna hijau disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Infeksi
  • Hamil lewat waktu
  • Gangguan pada janin

Infeksi

Air ketuban dapat terinfeksi bila sudah lama ketuban pecah dan tidak segera dipimpin persalinan, sehingga banyak kuman yang masuk. Hal ini dapat mengganggu keadaan bayi yang masih di dalam perut.

Hamil lewat waktu

Normalnya, kehamilan berlangsung selama 37 hingga 42 minggu. Lewat dari itu disebut hamil lewat waktu atau overdue pregnancy. Bila kehamilan melebihi 42 minggu maka plasenta akan semakin tua dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Plasenta yang sudah tidak berfungsi juga menyebabkan janin kekurangan pasokan oksigen. Selain itu, risiko pecah ketuban tinggi dan kemungkinan air ketuban yang pecah terminumoleh janin sangat besar, hal inidapat menyebabkan infeksi pada janin. disamping itu kehamilanlewat waktupun bisa menyebabkan air ketuban berwarna hijau, hal ini erat kaitannya dengan pada kehamilan lewat waktu saluran pencernaan bayi sudah matang, sehingga dapat mengeluarkan mekonium. Mekonium inilah yang menyebabkan air ketuban berwarna hijau.

Gangguan pada janin

Misalnya ibu kekurangan Oksigen oleh berbagai sebab (asma/ventilasi ruang buruk dll) atau adanya lilitan tali pusat pada bayi, sehingga bayi stress dan mekonium bayi keluar saat dalam kandungan sehingga air ketuban berwarna hijau.

Bahaya air ketuban hijau terhadap bayi

Bila saat melahirkan air ketubannya tampak hijau apalagi kental, dapat membahayakan keselamatan bayi. Bayi dapat terkena sindrom aspirasi meconium (Meconium Aspiration Syndrom) yaitu meconium terhisap oleh bayi pada saat lahir dan masuk ke paru-paru. Jika hal ini terjadi maka akan membahayakan bayi bahkan meningkatkan angka kematian bayi baru lahir

Speak Your Mind

*