Penyebab Penyakit Meningitis pada Orang Dewasa dan pencegahannya

Penyebab Penyakit Meningitis pada Orang Dewasa dan pencegahannyaPenyakit meningitis adalah infeksi pada lapisan otak dan urat saraf tulang belakang. Meningitis merupakan infeksi yang dapat mengancam nyawa.  Bila tidak ditangani dapat terjadi pembengkakan otak, kecacatan tetap, koma bahkan kematian. Meningitis dapat terjadi karena beberapa sebab; seperti bakteri (yang paling bahaya), virus, jamur, reaksi karena obat, keracunan logam tertentu.

Penyakit meningitis ada 3 tipe:

Meningitis triptokokus

Penyakit meningitis triptokokus adalah meningitis yang disebabkan leh jamur triptokokus. Jamur ini dapat masuk ke tubuh kita saat menghirup debuatau uap dari kotoran burung yang sudah kering.

Viral Meningitis

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus. Viral meningitis termasuk penyakit ringan, gejalanya menyerupai sakit flu biasa dan pada umumnya akan sembuh sendiri.

Bacterial meningitis

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri tertentu dan merupakan penyakit yang serius. Salah satu contoh bakterinya yaitu meningococcal bacteria.

Gejala penyakit meningitis

Gejala awal penyakit meningitis yaitu demam, sakit kepala, kaku kuduk, sakit tenggorokan, dan muntah. Penyakit meningitis pada orang dewasa menjadisangat sakit dalamwaktu 24jam, sedangkan pada anak-anak bisa lebih cepat. Selain itu juga pada orang dewasa menjadi lebih mudah tersinggung, linglung, dan sangat mengantuk, hingga terjadi penurunan kesadaran koma bahkan meninggal.

Pencegahan penyakit meningitis

Menjaga hygiene merupakan cara yang paling baik untuk menghindari transmisi penyakit.

Antibiotik diberikan untuk mencegah meningitis pada orang yang kontak dekat dengan orang yang menderita meningitis. Walau pun demikian tetap harus diperiksa kembali oleh dokter bila berkembang menjadi sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, atau sakit leher.

Vaksinasi
Vaksin meningitis tersedia untuk yang disebabkan oleh Neisseria meningitides. Terdapat 2 tipe yaitu: Meningococcal Conjugate Vaccine (MCV4) dan Meningocal Polysaccharide Vaccine (MPSV4).  MCV4 untuk usia 2-55 tahun, sementara MPSV4 untuk yang berusia >55 tahun.

Vaksin dapat mencegah terhadap 4 tipe serogroup.  Dan dapat melindungi sampai 90% dari yang mendapatkannya.  MCV4 diberikan dosis tunggal dan disarankan untuk diulang 5 tahun sekali sementara MSV4 cukup satu kali saja pada usia >55 tahun.

Orang-orang yang direkomendasikan untuk diberikan vaksin sbb:
1.        Tinggal di asrama
2.        Tentara
3.        Bepergian ke daerah biasa meningitis
4.        Jemaah haji
5.        Memiliki penyakit paru

Vaksin Hib bisa melindungi dari infeksi meningitis karena bakteri Haemophilus influenza type B (Hib).  Diberikan pada orang dewasa bila:
1.        Menderita penyakit sickle cell anemia
2.        Menderita Leukemia
3.        Menderita HIV/AIDS
4.        Sedang menjalani kemo terapi suatu kanker

Vaksin pneumonia dapat juga memproteksi meningitis yang disebabkan oleh Streptococcus pneumonia.

Comments

  1. lukman yusuf says:

    transfer factor 4life solusinya 27FBBB05

  2. tira says:

    bagaimana cara mengobati sakit manginitis jika baru di vonis indikasi saja/
    dan cara pencegahannya/
    mohon jawabannya

Speak Your Mind

*